Siaran TV Digital Jauh Lebih Baik dari Segi Kualitas Siarannya

 Siaran TV Digital Jauh Lebih Baik dari Segi Kualitas Siarannya
Digiqole ad

SIARAN televisi digital dengan menggunakan modulasi sinyal digital dan sistem kompresi menghadirkan kualitas gambar yang lebih bersih.

Begitu pula suara yang lebih jernih dan teknologi yang canggih dihadirkan bagi masyarakat Indonesia.

Dalam masa peralihan ke siaran televisi digital, masyarakat tetap bisa untuk menonton siaran televisi analog.

Namun sangat dianjurkan untuk mulai merubah tangkapan sinyal antena di rumah dari siaran analog ke digital.

Berdasarkan undang-undang cipta kerja pasal 60A, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) terus melakukan sosialisasi Peralihan Siaran Televisi Analog ke Siaran Televisi Digital.

Kemudian secara bertahap migrasi ke TV Digital dilakukan setelah menghentikan siaran TV Analog pada tanggal 30 April 2022 lalu.

Dengan menggunakan siaran TV digital, masyarakat akan mendapatkan banyak keuntungan. Bagi masyarakat yang ingin segera menikmati siaran televisi digital masih bisa menggunakan unit televisi dan antenna yang sudah dimiliki, hanya tinggal menyambungkan alat converter frekuensi yang bernama set top box (STB) dengan DVB T2 digital video broadcasting second-generation terrestrial.

Namun bagi Linda Wauw yang tinggal di Kabupaten Nias Selatan mengungkapkan, siaran TV digital jauh lebih baik dari segi kualitas siarannya.

“Siaran dari TV digital itu lebih bagus, tahan dari gangguan, serta  kemampuan penyiarannya multichanel dan multiprogramnya jauh lebih efisien,” kata Linda Wauw warga Kecamatan Luahagundre Maniamolo Desa Botohili Silambo, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara saat dihubungi belum lama ini.

Lebh jauh Penyuluh Pertanian itu menyebutkan, dirinya tidak mengetahui pasti perubahan siaran TV analog ke digital.

“Saya kurang tau kapan perubahan tersebut. Namun disini masyarakatnya sudah menggunakan TV digital ketimbang TV analog,” ujarnya.

Linda mengakui lebih menyukai program siatan TV digital, karen minim dari gangguan, apalagi channel dari TV digital tersebut lebih banyak di bandngkan TV analog.

Ia berharap, apa yang menjadi kekurangan dari siaran TV digital ini harus segera di perbaiki untuk kedepannya.

Ia juga menyebutkan memang untuk mendpatkan saran TV digital ini, kita harus menmbah alat, yaitu Set Top Box (STB) untuk menangkap siaran TV digital tersebut.

“Yang pasti siaran TV digital disini sudah bagus,” tambahnya.| syd

Digiqole ad

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *