Kadispar Bantul Dukung Wisata Gua Selarong

 Kadispar Bantul Dukung Wisata Gua Selarong
Digiqole ad

BANTUL – Ratusan warga masyarakat Bantul ramai berkumpul di Gua Selarong, untuk menyaksikan Kirab Budaya Grebeg Selarong.

Dalam gelaran Gerebeg Selarong, warga masyarakat juga ikut berebut ingkung raksasa, kegiatan tersebut berlangsung di Guwosari Pajangan Bantul, Minggu (11/11/2018).

Sebanyak 72 ingkung ayam dipersembahkan warga Guwosari Pajangan Bantul. 72 ingkung tersebut sebelum diperebutkan, terlebih dahulu dilakukan kirab sejauh dua kilometer, bersamaan 14  gunungan sayur mayur.

Sementara itu, Kirab diawali dari halaman Balai Desa Guwosari, menuju  halaman Komplek Destinasi Wisata Gua Selarong, yang merupakan peninggalan Pangeran Diponegoro, dimana pada waktu itu Gua Selarong tersebut digunakan sebagai markas Pangeran Diponegoro dan pasukannya.

Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Bantul, Kwintarto Heru Prabowo dalam sambutannya mengatakan, Dinas Pariwisata mendukung gelaran Gerebeg Selarong, bahkan Gue Selerong ini dapat di promosikan menjadi  destinasi wisata Bantul.

“Dinas Pariwisata Bantul selalu memberikan suport gelaran Gerebeg Selarong. Sehingga ke depannya pengunjung Gua Selarong terus meningkat. Mengingat selama ini wisatawan yang berkunjung ke Gua Selarong masih kalah dengan destinasi lainnya yang ada di Bantul,” ujar Kwintarto.

Untuk itu Kadispar berharap, kelompok sadar wisata yang saat ini kurang gencar mempromosikan keberadaan Gua Selarong, diharapkan agar lebih giat lagi dalam mempromosikan tempat tersebut, juga menurutnya perlu adanya penataan kepengurusan dari obyek wisata tersebut.

“Setelah menata kembali kepengurusan yang ada, nantinya bisa membenahi beberapa tempat yang ada, juga masyarakat yang berdagang di kawasan Gua Selarong. Sehingga masyarakat Guwasari semakin sejahtera, dengan kunjungan wisatawan yang terus menerus ke Gua Selarong,” tambah Kadispar Bantul.(rls/van)

 

Digiqole ad

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *